pak khoiron (1)Nama Lengkap : M. Khoiron Ferdiansyah, STP., M.Sc
terlahir di  Kota Malang pada tanggal 14 Mei 1987. Saat ini bertempat tinggal di Perum IKIP PGRI E5 Jln. Zebra Tengah Pedurungan Kidul Semarang.

Selepas lulus dari SMAN 4 Malang, beliau melanjutkan studi S1 di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Sebelum meneruskan studi S2 di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, beliau sempat mendapat pengalaman bekerja sebagai Quality Control di PT. Amerta Indah Otsuka yang bergerak dalam produksi minuman isotonik “Pocari Sweat”. Beberapa judul penelitian yang pernah dilakukan beliau antara lain “Optimasi Sintesis Fosfolipid Terstruktur dari  Fosfolipid Sawit dan Konsentrat Asam Lemak Omega-3 dari Minyak Hasil Samping Penepungan Ikan Lemuru (Sardinella longiceps) Melalui Reaksi Asidolisis Enzimatis” dan  “Isolasi Selulosa dan Sintesis Karboksi Metil Selulosa (CMC) dari Pelepah Kelapa Sawit”

Sejak duduk di bangku SMA beliau aktif dalam berbagai kegiatan organisasi baik tingkat Universitas maupun Nasional. Hobi yang ditekuni hingga saat ini adalah kegiatan kepenulisan ilmiah yang sempat mengantarkan beliau ke ajang PIMNAS melalui judul penelitian “Suplementasi Fraksi Tinggi Protein Albumin Dari Hasil Ekstraksi Ikan Gabus (Ophiocephalus striatus) Untuk Pembuatan Kecap Kedelai Fungsional“ dan hibah PKM AI dengan judul paper “Uji Aktivitas Stimulan Energi Senyawa Karpain Pada Daun Pepaya Melalui Pendekatan Laju Uptake Glukosa Secara In Vivo”. Beberapa karya tulis juga telah dimuat di mediaindonesia.com serta beranda MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia). Concern penelitian beliau adalah food engineering dan lebih khususnya pada bidang biopolimer dan hidrokoloid pangan.

Sejak bulan Juli 2014, aktif bekerja sebagai dosen tetap di Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Semarang. Beberapa pengabdian  masyarakat telah dilakukan diantaranya pemberdayaan masyarakat Bulusan Tembalang Semarang dalam mengolah bahan pangan dan pemberdayaan masyarakat Rowosari dalam mengolah bahan lokal menjadi aneka produk pangan.

 

Sekarang beliau bekerja sebagai Dosen Teknologi Pangan di Universitas PGRI Semarang. Apabila ingin berdiskusi dengan beliau, silahkan kirim email ke khoironstp@yahoo.com