foto-pak-umarNama lengkap :Umar Hafidz Asy’ari Hasbullah, S.TP., M.Sc.
Lahir di Boyolali tanggal 1 Juli 1986. Bertempat tinggal di Jl. Terate 54 Boyolali, Jawa Tengah.

Menamatkan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Boyolali pada tahun 1998, SMP Negeri 2 Boyolali pada tahun 2001, SMA Negeri 1 Boyolali pada tahun 2004. Kemudian menimba ilmu di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta pada tahun 2004. Mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.) pada tahun 2009 dengan judul riset “Karakteristik Biskuit Prebiotik  Berserat Tinggi Dari Tepung Komposit Ubi Kayu Dan Ubi Jalar Yang Diperkaya Krim Yoghurt Berprobiotik”. Selama menempuh pendidikan sarjana, aktif melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan kewirausahaan. Penelitian yang saat itu telah dihasilkan antara lain dengan tema biodegradable film dengan memanfaatkan kulit dan biji durian dan potensi pewarna merah dari buah naga. Pengabdian masyarakat yang saat itu dilakukan antara lain pemberdayaan masyarakat Desa Donotirto Bantul dalam mengolah Virgin Coconut Oil dan pemberdayaan pemilik warung di TPI Pantai Depok Parangtritis dalam membuat Bakso Jepang dan Furikake.

Kewirausahaan yang saat itu dilakukan antara lain menciptakan DORAYAKU (Dodol Carica Papaya Kaya Susu) sebagai makanan oleh-oleh Boyolali, Teh Hijau Stevia Plus Secang sebagai produk teh kesehatan, Gizimon Es Krim Buah Naga, Battudu Boneka Batik Edukasi, Bunsa Boneka UNS. Pada tahun 2011, melanjutkan studi S2 di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada dengan menggunakan Beasiswa Unggulan DIKTI.Mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc.) pada tahun 2014 setelah menyelesaikan penelitiannya dengan judul “Profil Senyawa Volatil Selama Fase Perkembangan dan Senyawa Kunci Aroma Buah  Melon (Cucumis melo l.) Kultivar Gama Melon Parfum

Sejak bulan Maret 2015, aktif bekerja sebagai dosen tetap di Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas PGRI Semarang. Sekarang menggeluti di bidang teknologi pasca panen dan flavor (senyawa aroma dan rasa). Beberapa pengabdian  masyarakat telah dilakukan diantaranya pemberdayaan masyarakat Krobokan Semarang dalam mengolah bahan pangan dan pemberdayaan masyarakat Rowosari dalam mengolah suweg menjadi aneka produk pangan. Penelitian telah dilakukan yaitu karakterisasi sifat dari tepung suweg di Jawa Tengah.

Apabila ingin berdiskusi dipersilahkan melalui email ke umarhafidzah@gmail.com